NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Inilah 4 Penyebab Hati Tak Khusyuk yang Harus Dihindari

MEDIA AN NUUR─Senin, 10 Oktober 2022. Pengajian malam Selasa di Masjid An Nuur Sidowayah di bawah asuhan Ustaz Danuri, Pimpinan Ranting Muhammadiyah Ngreco. Pertemuan diawali dengan membaca Surat Al Fatihah dan melanjutkan membaca Surat Az Zukhruf (43) ayat 48 sampai 60.

Ustaz Danuri
Ustaz Danuri sampaikan materi hati yang khusyuk

Malam ini, Ustaz Danuri melanjutkan pembahasan hadis tentang anjuran Rasulullah ﷺ agar kita memohon perlindungan kepada Allah ﷻ dari beberapa hal.  Hadisnya sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ، وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ، وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ، وَمِنْ دُعَاءٍ لَا يُسْمَعُ

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyuk, dari jiwa yang tidak merasa puas, dan dari doa yang tidak didengar (tidak dikabulkan).” (HR. Abu Dawud, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah)

Pada pertemuan dua pekan yang lalu, Ustaz Danuri sudah membahas anjuran Rasulullah agar kita minta perlindungan pada Allah ﷻ dari ilmu yang tak bermanfaat dan hati yang tak khusyuk.  Kali ini, masih melanjutkan pembahasan tentang hati yang khusyuk.

Hati Khusyuk dalam Ketaatan Beribadah

Hati khusyuk adalah hati yang penuh ketaatan pada Allah ﷻ. Setan tak akan tinggal diam untuk selalu menggoda manusia sesuai tingkat keimanan. Setan memiliki keahlian menggoda siapa saja, baik itu petani, guru, ustaz, dan lainnya. Semua tak akan lepas dari godanya.

Pengajian malam Selasa
Ibu-ibu majelis taklim

Orang yang memiliki hati khusyuk mempercayai bahwa nantinya akan mati. Juga percaya bahwa nanti di alam kubur akan ditanyai Malaikat Munkar dan Nakir tentang siapa tuhan yang disembah dan sebagainya.

Di alam kubur nanti kita akan ditemani amal kita di dunia. Amal baik akan jadi teman yang menyenangkan, amal buruk jadi teman yang menakutkan. Itulah sebabnya orang khusyuk akan selalu menjaga agar ibadahnya sempurna.

4 Penyebab Hati Tak Khusyuk

Selanjutnya, Ustaz Danuri menyampaikan penyebab hati tidak khusyuk. Apa saja yang mengeraskan hati hingga jauh dari khusyuk? Berikut inilah sebabnya.

  1. Banyak berangan-angan dunia sehingga melupakan akhirat.
  2. Tak pernah berdoa dan tak pernah berzikir.
  3. Tak pernah membaca Al-Qur'an dan mempelajari isinya.
  4. Tidak meminta pada Allah ﷻ agar iman diteguhkan.

Ada doa yang diajarkan Rasulullah ﷺ agar Allah ﷻ memberikan keteguhan hati dalam ajaran Islam. Berikut ini doa minta keteguhan iman kepada Allah ﷻ.

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قُلُوبَنَا عَلَى دِينِكَ

Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkan hati kami di atas agama-Mu.” (HR. Nasa’i, Ibnu Hibban dan Ibnu Majah)

Bapak-bapak mengaji
Bapak-bapak yang istikamah ikuti kajian

Pembahasan masih bersambung ke pertemuan selanjutnya. Semoga Allah ﷻ masih berkenan memberikan umur untuk kembali bersua di majelis ilmu yang akan datang. Semoga usia yang dikaruniakan Allah ﷻ bisa kita manfaatkan untuk beribadah khusyuk pada-Nya.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

Click here for comments 2 comments:

2907636960708278822