NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Konsumsi Makanan Haram Menyebabkan Doa Tak Didengar Allah

MEDIA AN NUUR─Senin, 24 Oktober 2022. Pengajian malam Selasa di Masjid An Nuur Sidowayah di bawah asuhan Ustaz Danuri, Pimpinan Ranting Muhammadiyah Ngreco. Pertemuan diawali dengan membaca Surat Al Fatihah dan melanjutkan membaca Surat Az Zukhruf (43) ayat 74 sampai 89.

Menyambung kajian pertemuan sebelumnya, Ustaz Danuri melanjutkan pembahasan hadis tentang anjuran Rasulullah ﷺ agar kita memohon perlindungan kepada Allah ﷻ dari beberapa hal.  Hadisnya sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ، وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ، وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ، وَمِنْ دُعَاءٍ لَا يُسْمَعُ

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyuk, dari jiwa yang tidak merasa puas, dan dari doa yang tidak didengar (tidak dikabulkan).” (HR. Abu Dawud, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah)

Pengajian malam Selasa
Ustaz Danuri sampaikan kajian

Kita dianjurkan memohon perlindungan pada Allah ﷻ dari doa yang tidak didengar atau tidak dikabulkan. Padahal sebagai hamba yang lemah kita hanya bisa meminta pada Allah ﷻ dengan berdoa. Alangkah nestapa jika kita berdoa tak dikabulkan.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادۡعُوۡنِىۡۤ اَسۡتَجِبۡ لَـكُمۡؕ

"Dan Tuhanmu berfirman, 'Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu.” (QS. Al-Mumin : 60)

Ayat di atas menyebutkan bahwa Allah memerintahkan agar kita berdoa dan akan dikabulkan. Orang berdoa tidak dikabulkan tentulah ada penyebabnya. Lalu apa yang jadi penyebab tertolaknya doa?

Salah satu penyebab doa ditolak adalah karena konsumsi keseharian kita menggunakan harta yang haram. Simaklah hadis berikut ini.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّ اللهَ تَعَالَى طَيِّبٌ لاَ يَقْبَلُ إِلاَّ طَيِّباً، وَإِنَّ اللهَ أَمَرَ الْمُؤْمِنِيْنَ بِمَا أَمَرَ بِهِ الْمُرْسَلِيْنَ فَقَالَ تَعَالَى : ,يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحاً – وَقاَلَ تَعَالَى : , يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ – ثُمَّ ذَكَرَ الرَّجُلَ يُطِيْلُ السَّفَرَ أَشْعَثَ أَغْبَرَ يَمُدُّ يَدَيْهِ إِلَى السَّمَاءِ ياَ رَبِّ يَا رَبِّ وَمَطْعَمُهُ حَرَامٌ وَمَشْرَبُهُ حَرَامٌ وَمَلْبَسُهُ حَرَامٌ وَغُذِّيَ بِالْحَرَامِ فَأَنَّى يُسْتَجَابُ لَهُ [رواه مسلم]

Dari Abu Hurairah Ra dia berkata : Rasulullah  bersabda : Sesungguhnya Allah  itu baik, tidak menerima kecuali yang baik. Dan sesungguhnya Allah memerintahkan orang beriman sebagaimana Dia memerintahkan para rasul-Nya dengan firman-Nya : Wahai Para Rasul makanlah yang baik-baik dan beramal salehlah. Dan Dia berfirman : Wahai orang-orang yang beriman makanlah yang baik-baik dari apa yang Kami rizkikan kepada kalian. Kemudian beliau menyebutkan ada seseorang melakukan perjalanan jauh dalam keadaan kumal dan berdebu. Dia memanjatkan kedua tangannya ke langit seraya berkata : Yaa Rabbku, Ya Rabbku, padahal makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram dan kebutuhannya dipenuhi dari sesuatu yang haram, maka (jika begitu keadaannya) bagaimana doanya akan dikabulkan. (HR. Muslim).

Ternyata makanan dan minuman haram yang kita konsumsi akan menyebabkan doa kita tak dikabulkan Allah ﷻ. Untuk itu mari kita jaga harta kita agar tak tercampur harta haram. Dan tak lupa kita memohon pada Allah ﷻ agar dilindungi dari doa yang tak dikabulkan.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

Click here for comments 2 comments:

  1. Betul, Pak. Saya pernah membaca di salah satu buku fiqih siswa smp muhammadiyah kalau tak salah, disitu dijelaskan sebab doa tertolak, ya salah satunya karena makanan dan minuman yang haram

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Bu. Harus hati-hati terutama para bapak dlm urusan mencari nafkah agar jangan ada barang haram dimakan keluarga.

      Hapus
2907636960708278822