NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Anjuran Memakai Sandal dan Adab-Adab Bagaimana Mengenakannya

MEDIA AN NUUR─Ibnul Arabi megatakan, “Sandal termasuk pakaian para nabi.” Salah satu ciri khas Rasulullah ﷺ yang bisa dilihat orang adalah setiap kali bepergian selalu menggunakan sandal. Bahkan anjuran untuk menggunakan alas kaki tersebut ada disebutkan dalam hadis.

اسْتَكْثِرُوا مِنَ النِّعَالِ فَإِنَّ الرَّجُلَ لاَ يَزَالُ رَاكِبًا مَا انْتَعَلَ

Sering-seringlah memakai sandal. Karena seseorang akan selalu naik kendaraan selama dia memakai sandal.” (HR. Ahmad dan Muslim)

Ustaz Taufiqurrahman
Ustaz Taufiqurrahman sampaikan kajian tentang sandal

Imam An Nawawi menjelaskan bahwa bersandal disamakan seperti naik kendaraan dalam hal sama-sama meringankan beban dan tidak mudah kelelahan. Selain itu, kaki juga lebih terjaga dari bahaya di jalan, seperti duri, jalanan yang kasar, atau kotoran.

Rasulullah ﷺ saat salat terkadang tetap mengenakan sandal. Pernah suatu kali saat sujud Rasulullah ﷺ melepas sandal dan ternyata diikuti para sahabat yg bermakmum di belakangnya. Sesungguhnya saat itu Jibril datang membisikkan bahwa ada kotoran pada sandalnya jadi Nabi melepaskannya.

Zaman sekarang di mana masjid sudah sedemikian bagus dan lantainya sangat bersih, maka hendaklah kita melepas sandal saat memasukinya. Rasulullah ﷺ juga pernah melepas sandal saat salat dan menganjurkannya.

إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ فَلَا يَضَعْ نَعْلَيْهِ عَنْ يَمِينِهِ وَلَا عَنْ يَسَارِهِ فَتَكُونَ عَنْ يَمِينِ غَيْرِهِ إِلَّا أَنْ لَا يَكُونَ عَنْ يَسَارِهِ أَحَدٌ وَلْيَضَعْهُمَا بَيْنَ رِجْلَيْهِ

Apabila salah seorang di antara kalian melaksanakan salat, janganlah dia meletakkan sandalnya di sisi kanan atau kirinya sehingga menjadi di sisi kanan orang lain, kecuali di sisi kirinya tidak ada orang lain, dan hendaklah dia meletakkannya di antara kedua kakinya.” (HR. Abi Daud)

Selain menunjukkan bahwa Nabi ﷺ salat melepas sandal, hadis tersebut juga memuat adab menaruh sandal saat salat misal Salat Id dengan membawa plastik, adalah menempatkannya di antara kedua kaki atau depan kita pas di bawah perut saat kita sujud agar tak mengganggu orang lain.

Jemaah Ahad Pagi
Bapak-bapak hadirin pengajian ahad pagi

Banyak hadis menyebutkan sandal dalam berbagai konteks. Di antaranya bahwa surga dan neraka lebih dekat daripada tali sandal kita. Maka kita musti berhati-hati agar tak keliru langkah hingga terperosok ke neraka.

الْجَنَّةُ أَقْرَبُ إِلَى أَحَدِكُمْ مِنْ شِرَاكِ نَعْلِهِ وَالنَّارُ مِثْلُ ذَلِكَ

Surga itu lebih dekat kepada salah seorang kalian daripada tali sandalnya, dan neraka juga demikian.” (HR. Bukhari)

Surga dan neraka lebih dekat daripada tali sandal, bahkan hal yang dianggap sepele bisa menjadi penyebab masuk ke surga atau sebaliknya, masuk ke neraka. Ada kisah orang masuk surga dan neraka gara-gara seekor lalat.

Ada dua orang berjalan melewati sebuah kaum yang memiliki berhala, yang mana tidak boleh seorangpun melewatinya kecuali dengan mempersembahkan sesuatu untuknya terlebih dahulu. Kedua orang ini tak memiliki apapun untuk dipersembahkan.

Kaum itu memberi kemudahan dengan berkata, “Persembahkan untuknya walaupun seekor lalat!” Seorang di antaranya segera mempersembahkan seekor lalat, maka kaum itu mempersilakan meneruskan perjalanannya.

Pengajian Ahad Pagi
Jemaah putri menyimak kajian

Sementara orang yang satu lagi menolak memberi persembahan pada berhala meski hanya seekor lalat.  Katanya, “Aku tidak akan mempersembahkan sesuatu apapun untuk selain Allah.” Maka merekapun memenggal lehernya.

Rasulullah ﷺ yang menceritakan itu pada para sahabat mengatakan bahwa kedua orang itu terpisah hanya karena seekor lalat. Orang pertama yang mempersembahkan lalat masuk ke neraka, sedangkan yang dipenggal masuk ke surga.

Rasulullah ﷺ menganjurkan kita memakai alas kaki atau sandal saat bepergian. Ketika di perjalanan ternyata sandal kita putus talinya, maka tak boleh kita memakai satu dan melepas yang satunya. Hendaklah memakai semua atau melepas semuanya.

لَا يَمْشِ أَحَدُكُمْ فِي نَعْلٍ وَاحِدَةٍ, وَلْيُنْعِلْهُمَا جَمِيعًا, أَوْ لِيَخْلَعْهُمَا جَمِيعًا – مُتَّفَقٌ عَلَيْهِمَا.

Janganlah salah seorang di antara kalian berjalan dengan satu sandal. Hendaklah ia memakai kedua-duanya atau melepas kedua-duanya.” (Muttafaqun ‘alaihi)

Mengapa kita tidak diperkenankan mengenakan sandal hanya sebelah? Penyebabnya adalah, memakai sendal sebelah itu menyerupai kelakuan setan. Kemudian, memakai sandal sebelah adalah sebuah sikap tidak adil. Dan, memakai sendal sebelah dilarang oleh Rasulullah ﷺ karena termasuk pakaian nyeleneh, di luar keumuman.

Ketika sandal putus kita dianjurkan mengucap kalimat istirja, yakni lafal innalillahi wainna ilaihi rajiun. Jangan malah mengumpat karena akan membuat setan senang. Bahkan Rasulullah ﷺ mengatakan umpatan manusia membuat setan membesar seperti rumah dan sombongnya mengatakan bahwa terjadi karena kekuatannya.

Rasulullah ﷺ juga memberikan contoh adab memakai sendal dengan dimulai dari sebelah kanan dan melepaskannya yang kiri terlebih dahulu. Sebagaimana disebutkan dalam hadis.

إِذَا اِنْتَعَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَبْدَأْ بِالْيَمِينِ, وَإِذَا نَزَعَ فَلْيَبْدَأْ بِالشِّمَالِ, وَلْتَكُنْ اَلْيُمْنَى أَوَّلَهُمَا تُنْعَلُ, وَآخِرَهُمَا تُنْزَعُ

Apabila salah seorang di antara kalian memakai sandal, maka hendaklah ia mendahulukan kaki kanan. Sedangkan apabila ia hendak melepaskannya, maka hendaklah ia mendahulukan kaki kiri. Jadikanlah kaki kanan yang pertama kali memakai sandal, dan yang terakhir melepaskannya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Saat Abu Thalib meninggal dalam kekafiran, Rasulullah ﷺ memintakan ampun untuknya. Allah ﷻ hanya mengabulkan dengan membekali sandal pada Abu Thalib saat berada di neraka yang hanya bisa meringankan sedikit saja dari siksa neraka.

Ringkasan Pengajian Ahad Pagi PCM Weru di Gedung Dakwah Muhammadiyah Weru (Kalisige, Karakan, Weru) pada 23 Oktober 2022 yang disampaikan oleh Ust. Taufiqurrahman, M.Pd (Majelis Tarjid dan Tajdid PDM Sragen)

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822