NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Salat Jumat Menjadikan Orang Bertakwa dan Menggapai Ketenteraman Jiwa

MEDIA AN NUUR─Suatu kali, Rasulullah Muhammad ﷺ naik ke mimbar Jumat sehingga para sahabat bisa melihat keberadaannya. Terlihat mata Rasulullah ﷺ merah menahan air mata. Usai Salat Jumat, sahabat mempertanyakan. Rasulullah ﷺ mengatakan kesedihannya karena melihat sebagian jemaah yang baru datang padahal khatib sudah di atas mimbar.

Hadis tentang keutamaan berangkat Salat Jumat lebih awal sudah sering dibacakan para khatib Jumat. Yang datang awal di saf depan pahala layaknya pahala bersedekah dengan unta, sapi atau kambing. Lalu bagaimana dengan yang berangkat ketika khatib sudah berkhotbah?

   عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا كَانَ يَوْمُ الْجُمُعَةِ وَقَفَتْ الْمَلَائِكَةُ عَلَى بَابِ الْمَسْجِدِ يَكْتُبُونَ الْأَوَّلَ فَالْأَوَّلَ وَمَثَلُ الْمُهَجِّرِ كَمَثَلِ الَّذِي يُهْدِي بَدَنَةً ثُمَّ كَالَّذِي يُهْدِي بَقَرَةً ثُمَّ كَبْشًا ثُمَّ دَجَاجَةً ثُمَّ بَيْضَةً فَإِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ طَوَوْا صُحُفَهُمْ وَيَسْتَمِعُونَ الذِّكْرَ   

Dari sahabat Abi Hurairah Nabi bersabda: Apabila tiba hari jumatan, para malaikat berdiri di atas pintu masjid, mereka mencatat orang yang berangkat awal kemudian yang berangkat awal berikutnya. Perumpamaan orang yang berangkat awal menuju masjid seperti orang yang bersedekah unta, kemudian sapi, kemudian kambing, kemudian ayam jago, kemudian telur. Apabila imam (khatib) telah keluar maka para malaikat melipat buku catatan mereka dan bersama-sama mendengarkan khutbah. (HR Bukhari).

Dalam setiap khotbah Jumat, Rasulullah ﷺ selalu mengingatkan jemaah agar di mana saja berada selalu memegang teguh ketakwaan. Melaksanakan perintah Allah ﷻ dan meninggalkan semua yang dilarang-Nya.

Khotbah Jumat
Ustaz Miryadi sampaikan khotbah Jumat

Rasulullah ﷺ pernah mengundang para sahabat agar berkumpul. Rasulullah ﷺ mengatakan, “Apa yang kalian senangi akan diberikan.” Sahabat dari Mekah, ada yang meminta agar kelak di akhirat ditempatkan di surga dekat dengan Rasulullah ﷺ.

“Tentu saja bisa. Syaratnya mudah, perbanyaklah salat setidaknya sehari semalam 100 rakaat,” kata Rasulullah ﷺ. Sahabat merasa tak mungkin melakukannya.

Rasulullah ﷺ kemudian berkata bahwa mempelajari satu ayat dari kitab Allah, nilainya lebih baik daripada salat 100 rakaat. Maka dengannya bisa memenuhi syarat 100 rakaat salat sehari semalam.

Manusia akan hidup tenteram dengan memiliki ilmu agama. Ketenteraman juga bagi orang yang mencari rezeki dengan keringat sendiri. Selain itu juga membiasakan hidup sederhana. Yang terakhir, ketenteraman jiwa bagi yang menjaga tata krama kepada orang yang lebih tua.

Ringkasan Khotbah Jumat, 16 September 2022 di Masjid An Nuur Sidowayah yang disampaikan oleh Ustaz  Miryadi.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822