NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Hati-Hati, 5 Penyakit Ini Bisa Menghalangi Kita Menjadi Orang Saleh

MEDIA AN NUUR─Dalam Islam kita diberi kabar-kabar gembira dan kabar-kabar berupa peringatan. Kabar yang berisi peringatan tentu bertujuan agar kita bisa menghindarinya sehingga dijauhkan dari keburukan-keburukan.

5 Penyakit Penghalang Kesalehan

Ali bin Abi Thalib, pernah mengatakan bahwa seandainya tak ada 5 penyakit ini, maka manusia tak akan gagal menjadi orang saleh. Jadi keberadaan kelimanya adalah penghalang kesalehan manusia. Kita tidak akan menjadi orang saleh ketika masih memiliki 5 penyakit tersebut. Apa sajakah itu?

1. Terlalu cinta dunia

Kita memang harus berusaha mencari dunia, tapi tetap harus ingat jangan terlalu mencintainya. Dunia tak akan dibawa mati kecuali yang kita siapkan untuk bekal ke akhirat.

Ustaz Umar Sanusi
Ustaz Umar Sanusi sampaikan taushiah

Dalam Al-Qur'an disebut bahwa dunia adalah kesenangan yang menipu. Maka celakalah yang mengejar dunia hanya untuk diwariskan kepada anak tanpa ada yang dibawa menghadap Allah ﷻ.

Banyak yang membangun rumah besar, kendaraan mahal, dan sawah yang luas, semua ditinggalkan untuk anak tanpa ada yang dijadikan bekal menghadap Allah ﷻ.

Padahal kita bisa membawanya dengan bersedekah, wakaf, dan membelanjakan di jalan Allah ﷻ. Tentu tetap harus ada yang diwariskan kepada anak kita.

2. Menerima kebodohan

Ada orang yang terima begitu saja akan kebodohan tanpa mau berusaha belajar. Tak bisa baca Al-Qur'an lalu merasa tak apa-apa hingga tak ada secuil niat pun untuk belajar cara membacanya.

Tak ada batasan usia dalam menuntut ilmu. Kewajiban menuntut ilmu itu dari sejak lahir sampai kita nanti pulang menghadap Allah ﷻ. Jangan puas beribadah hanya sebisanya tanpa meningkatkan keilmuan tentangnya. Puas salat dengan surat pendek tanpa mau berusaha menghafal surat lain yang lebih panjang.

3. Memiliki sifat bakhil

Sifat bakhil atau pelit menjadikan enggan beramal. Orang seperti ini selalu menghitung-hitung kebaikan yang dilakukannya. Padahal kebaikan sekecil apapun tetap akan ditimbang oleh Allah ﷻ.

4. Riya dalam beramal

Lebih berbahaya lagi adalah pamer dalam beramal, dengan maksud mendapatkan pujian dari manusia. Sifat riya begitu halus menyusup ke hati kita hingga yang terjangkit penyakit ini seringkali tidak menyadarinya.

5. Takjub pada diri sendiri

Sifat ini biasa disebut ujub, merasa diri paling sempurna dibandingkan dengan yang lain. Perasaan ujub ini melahirkan kesombongan diri.

Dengan mengetahui 5 penghalang manusia dari kesalehan di atas maka kita bisa berusaha untuk menghindarinya. Jangan biarkan kebaikan amal ibadah kita menjadi sia-sia karena terhalang oleh kelima penyakit tersebut.

Ringkasan Pengajian Ahad Pagi PCM Weru di Gedung Dakwah Muhammadiyah Weru (Kalisige, Karakan, Weru) pada 25 September 2022 yang disampaikan oleh Ust Drs. H. Umar Sanusi (Direktur Muhammadiyah Boarding School Klaten)

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.coretanbasayev.com)

Click here for comments 2 comments:

2907636960708278822