NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Warga Sidowayah Bekerja Bakti Pengecoran Jalan Akses ke Masjid An Nuur

MEDIA AN NUUR─Pagi yang cerah pada Ahad, 24 Juli 2022, warga Dukuh Sidowayah mengadakan kegiatan kerja bakti pengecoran jalan akses menuju Masjid An Nuur Sidowayah. Jalan ini menghubungkan RT 01/06 dengan RT 01/07 melalui sebuah jembatan yang selama ini disebut dengan jembatan pelangi karena dicat warna-warni.

Kerja bakti
Kerja bakti pengecoran jalan akses ke masjid

Kegiatan gotong-royong ini setidaknya diikuti warga dari 3 rukun tetangga yang berlokasi dekat dengan jalan yang dicor, yakni RT 01/07, RT 01/06, dan RT 03/06. Semangat luar biasa dari warga terlihat ketika kerja bakti dimulai hingga selesai.

Menggunakan molen cor
Menggunakan molen cor

Pelaksanaan pengecoran menggunakan sebuah mesin molen. Warga bergantian melangsir bahan material yang diperlukan berupa pasir, semen, dan batu kricak. Adonan semen pasir yang sudah jadi diangkut menggunakan sebuah gerobak dan 3 buah angkong.

Warga Sidowayah
Menggunakan gerobak mengangkut adonan

Untuk kebutuhan pengairan menggunakan mesin pompa air milik Bu Wimah, sekaligus mengambil air dari sumur di halaman rumah beliau. Selain itu juga menggunakan air dari Pamsimas Sidowayah melalui keran air di Masjid An Nuur. Biaya tagihan air untuk pengecoran dibebaskan oleh pengurus Pamsimas.

Proses pengecoran
Proses pengecoran

Selain membantu di lokasi kerja bakti, beberapa ibu-ibu juga memasak di dapur rumah Pak Diyono untuk makan warga usai kerja bakti nanti. Sajian teh panas juga disediakan di lokasi untuk dinikmati saat istirahat bersama. Tak lupa ditemani camilan berupa gorengan, kerupuk, buah semangka, pondoh, dan tempe alakatak.

Istirahat menikmati camilan
Kerja bakti
Setengah hari jadi separuh
Makan bersama
Makan bersama sebelum istirahat siang

Pelaksanaan kerja bakti dimulai pagi hingga waktu zuhur. Usai Salat Zuhur dimulai lagi sampai sore tiba. Berkat kekompakan warga Sidowayah akhirnya kerja bakti bisa terlaksana dan selesai dalam sehari.

Cor selesai
Pengecoran jalan selesai

Sebagai informasi, perbaikan jalan kali ini didanai oleh Bapak Harsono yang merantau dan tinggal di Semarang. Semoga Allah ï·» membalas kebaikannya dengan pahala berlipat ganda dan menjadi sarana semakin bertambahnya rezeki yang berkah dan manfaat.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822