NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

3 Amalan Utama Kurikulum Ramadan Raih Gelar Takwa

MEDIA ANNUUR─3 Amalan Utama Kurikulum Ramadan Raih Gelar Takwa. Tujuan berpuasa di bulan Ramadan adalah agar kita menjadi orang yang bertakwa. Untuk menjadi takwa kita harus sungguh-sungguh dalam beribadah, tak ada ketakwaan yang bisa diperoleh tanpa berusaha.

Amalan Utama Ramadan

Rasulullah Muhammad Saw sudah menggariskan 3 amalan utama Ramadan yang bisa kita lakukan untuk mengejar titel takwa.

1. Meningkatkan kualitas salat

Ketika Ramadan hendaklah kita perbanyak beribadah salat. Salat sunah yang menjadi ciri khas Ramadan adalah Salat Tarawih. Berusaha menegakkannya setiap malam sepanjang bulan suci adalah sebuah keharusan agar kita bisa terdidik menjadi hamba yang patuh.

2. Memperbanyak interaksi dengan Al-Qur'an

Kesempatan terbaik bagi umat Islam agar bisa dekat dengan Al-Qur'an adalah ketika tiba bulan Ramadan. Memanfaatkannya dengan tadarus agar kita terbiasa berinteraksi dengan kitab suci panduan hidup yang lurus agar selamat dunia dan akhirat.

Ustaz Drs Tugiran
Ustaz Drs Tugiran sampaikan kajian

Al Qur’an adalah firman Allah Swt yang mulia dan termasuk mukjizat Nabi Muhammad saw. terbesar. Lima kewajiban yang seharusnya kita lakukan terhadap kitab suci Al-Qur'an adalah sebagai berikut:

  • Membaca Al-Qur'an (Iqra'ul Qur'an)
  • Memahami Al-Qur'an (Tafhimul Qur'an)
  • Menghafal Al-Qur'an (Tahfizul Qur'an)
  • Mengamalkan Al-Qur'an (Ta'alamul Qur'an)
  • Mengajarkan Al-Qur'an ('Alamahul Qur'an)

Membaca Al-Qur'an dengan benar adalah wajib bagi muslim dan Allah Swt menjanjikan pahala yang besar setiap hurufnya. Untuk itu kita harus mempelajari ilmu tajwid agar benar cara membacanya.

Kita harus berusaha memahami atau mentadaburi kandungan isi Al-Qur'an. Dengan begitu kita bisa mengerti apa yang Allah Swt perintahkan dan apa saja larangan-Nya.

Ahad Pagi PCM Weru
Jamaah Ahad Pagi di halaman gedung.

Selanjutnya, kita berusaha menghafal setiap ayat Al-Qur'an, sebab di akhirat nanti kita akan diangkat derajatnya oleh Allah antara lain dengan jumlah hafalan kita.

Mengamalkan apa yang kita pahami dalam Al-Qur'an meski hanya satu ayat adalah bentuk ketaatan pada Allah Swt. Kemudian mengajarkan Al-Quran kepada umat manusia hingga tersebar nilai-nilai Islam yang rahmatan lil alamin melalui perkataan, perbuatan, media, tulisan dan sebagainya.

3. Memperbanyak bersedekah

Bersedekah itu baik dilakukan kapan saja. Namun, ada keistimewaan ketika dilakukan di bulan suci Ramadan. Disebutkan bahwa Nabi Muhammad Saw adalah orang yang sangat dermawan dan bertambah kedermawanannya pada bulan suci Ramadan.

Bahkan barang siapa yang memberi makanan untuk berbuka puasa, maka pahalanya sama seperti orang yang berpuasa tanpa dikurangi sedikitpun.

Demikian setidaknya 3 amalan utama yang menjadi kurikulum Ramadan sehingga kita bisa meraih gelar takwa. Gelar yang memang harus diraih dengan bersungguh-sungguh.

Ringkasan Pengajian Ahad Pagi PCM Weru di Gedung Dakwah Muhammadiyah Kalisige pada 3 April 2022 yang disampaikan oleh Ust. Drs. Tugiran (Klaten)

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822