NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Peran Penting PAFI Halmahera Selatan sebagai Organisasi Profesional dalam Memastikan Efektivitas dan Keamanan Penggunaan Obat untuk Masyarakat

MEDIA AN NUUR─Farmasi adalah bidang profesional kesehatan yang merupakan kombinasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia yang mempunyai tanggung jawab memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan obat. Untuk itulah perannya sangat penting, termasuk Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Halmahera Selatan sebagai bagian dari PAFI pusat dalam persoalan kefarmasian.

Apalagi PAFI menjadi salah satu potensi pembangunan yang selalu hadir dalam perjuangan pembangunan negara. Sesuai fungsinya, maka PAFI ikut serta berperan mempertinggi taraf kesejahteraan umum, khususnya di bidang kesehatan masyarakat dan farmasi.

Ahli Farmasi Indonesia Memastikan Efektivitas dan Keamanan Penggunaan Obat

Setiap agama mengajarkan kepada umatnya agar profesional dalam menekuni bidang keahliannya. Hal ini bertujuan agar nilai kebermanfaatannya bisa dirasakan oleh banyak orang yang memang membutuhkan peran dari keahlian tersebut.

Dalam Islam, pada berbagai riwayat diceritakan bahwa Rasulullah Muhammad ﷺ tak lebih tahu tentang ilmu dunia dibanding pada sahabat beliau, sehingga beliau berkata, “Kamu lebih mengetahui urusan duniamu.” (HR. Muslim)

Maksudnya adalah untuk ilmu dunia memang ada orang-orang khusus yang mempelajari dan menekuninya sehingga memiliki keahlian tentang ilmu tersebut. Demikian pula dengan obat-obatan, maka ahli farmasi adalah yang lebih tahu keilmuannya.

PAFI Halmahera Selatan
PAFI Halmahera Selatan berperan penting dalam dunia kefarmasian

Peran PAFI sebagai organisasi yang menghimpun tenaga ahli farmasi profesi di Indonesia adalah sebuah amanah kemanusiaan. PAFI secara profesional mempunyai tanggung jawab memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan obat yang digunakan masyarakat umum.

Para ahli farmasi itu bertugas di berbagai sarana kesehatan, baik institusi pemerintahan maupun swasta seperti badan pengawas obat/makanan, rumah sakit, industri farmasi, dan apotek. Memastikan obat-obatan aman dan mencukupi ketersediaannya.

Peran Aktif PAFI Halmahera Selatan dalam Berbagai Program Kerja

Kabupaten Halmahera Selatan adalah salah satu kabupaten di provinsi Maluku Utara. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Labuha. Sebagian besar wilayahnya merupakan perairan, dengan luas sebesar 31.484,40 km² atau mencapai 78 persen dari total luas Kabupaten Halmahera Selatan yang mencapai 40.263,72 km² dan pada 2019 tercatat berpenduduk sebanyak 228.771 jiwa.

Kegiatan kefarmasian yang menjadi program kerja PAFI Halmahera Selatan bisa dipantau melalui web resminya pafihalmaheraselatan.org. Utamanya dalam usaha meningkatkan kualitas pelayanan farmasi melalui pendidikan, pelatihan, dan pengembangan profesionalisme anggotanya.

PAFI Halmahera Selatan rutin mengadakan penyuluhan dan edukasi kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai penggunaan obat yang benar dan pencegahan penyakit sehingga lebih memahami cara menjaga kesehatan keluarga.

PAFI juga aktif dalam mengadakan pelatihan bagi tenaga kesehatan di wilayah Halmahera Selatan. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan kualitas pelayanan farmasi di Halmahera Selatan semakin baik dan kian meningkat.

PAFI Halmahera Selatan dalam pengabdian masyarakat dengan beraneka program seperti layanan kesehatan gratis, pemeriksaan tekanan darah, gula darah, dan kolesterol, juga layanan konsultasi kesehatan dan pemberian obat gratis bagi masyarakat yang membutuhkan.

Tak kalah penting, PAFI Halmahera Selatan aktif menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) untuk meningkatkan pelayanan kesehatan. Sinergi ini penting sebagai upaya peningkatan kesehatan masyarakat.

Harapan bersama, keberadaan PAFI Halmahera Selatan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat dengan program-programnya tersebut. Nilai kebermanfaatan itulah bentuk profesionalisme dalam kefarmasian para ahli farmasi di manapun mereka berkhidmat.

Sebagai penutup kita kutipkan hadis Rasulullah ﷺ yang artinya, “Sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya bagi manusia.” (HR. Ahmad). Dan semoga kita menjadi manusia terbaik itu di mana saja berada.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

Click here for comments 3 comments:

  1. Semoga PAFI semakin solid dalam memberikan kontribusi dan kemanfaatan kepada masyarakat dalam bidang kesehatan agar masyarakat semakin teredukasi dan semakin sehat

    BalasHapus
  2. Masyaallah.. semoga PAFI semakin bermanfaat nyata utk masyarakat. Senang kalau ada gerakan positf kayak gini

    BalasHapus
  3. SAlut sama petugas kesehatan, farmasi terutama. Perannya sangat membantu ya, dalam mengecek keamanan obat yang beredar. Dan secara profesi, lulusan sarjana S1 bisa bekerja di beberapa bidang (pilihan), tidak melulu jadi apoteker

    BalasHapus
2907636960708278822