NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Meneladani Kepatuhan Keluarga Nabi Ibrahim AS kepada Allah

MEDIA AN NUUR─Sebagian umat Islam sudah berangkat ibadah haji ke Baitullah. Panggilan haji adalah panggilan dari Allah, ada yang sudah menyambutnya ada yang belum. Ada yang belum merasa dipanggil ke sana padahal kemampuan ada.

Orang yang sudah merasa ada panggilan itu akan memaksimalkan usaha untuk bisa ke Baitullah. Betapa banyak orang yang dipandang mata tidak mampu secara ekonomi tapi punya tekad kuat untuk berhaji dan akhirnya kesampaian.

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا. وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ ۚ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah (dengan mengerjakan perintah-Nya dan meninggalkan larangan-Nya), niscaya Allah akan mengadakan baginya jalan keluar (dari segala perkara yang menyusahkannya). Serta memberinya rezeki dari jalan yang tidak diduga-duga (terlintas di hatinya). (QS. At Talaq ayat 2-3)

Keluarga Ibrahim
Ustaz Ngatemin ajak teladani keluarga Nabi Ibrahim AS

Jadi kunci utamanya adalah niat dan tekad yang kuat. Hal ini karena dalam hatinya dipenuhi keyakinan akan janji Allah bagi yang berhaji, yang akan diberikan balasan surga. Sebagaimana disebutkan pada hadis, dari Abu Hurairah, Rasulullah ﷺ bersabda,

وَالْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ

Dan haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga. (HR. Bukhari dan Muslim)

Sejarah perintah haji adalah untuk mengenang kisah keluarga Nabi Ibrahim AS. Pada usia 90 tahun, Nabi Ibrahim AS baru memiliki putra dari Siti Hajar yakni Ismail AS setelah penantian lama.

Mendadak datang perintah Allah untuk berdakwah di Babilonia sekira 11 tahunan dan diperintahkan meninggalkan mereka di padang tandus. Ketaatan Nabi Ibrahim AS tak mengenal kompromi. Dilaksanakan perintah itu.

Berikut ini adalah doa yang dipanjatkannya meski dalam keadaan sedih harus meninggalkan kedua orang yang dicintainya. Cinta Allah lebih tinggi dari apapun.

رَبَّنَاۤ اِنِّىْۤ اَسْكَنْتُ مِنْ ذُرِّيَّتِىْ بِوَادٍ غَيْرِ ذِىْ زَرْعٍ عِنْدَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِۙرَبَّنَا لِيُقِيْمُوْا الصَّلٰوةَ فَاجْعَلْ اَ فْـٮِٕدَةً مِّنَ النَّاسِ تَهْوِىْۤ اِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُمْ مِّنَ الثَّمَرٰتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُوْنَ

Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur. (QS. Ibrahim ayat 37)

Setelah berdakwah sekian lama, barulah Nabi Ibrahim AS pulang dan menemukan keluarganya hidup dalam lindungan Allah bahkan padang tandus itu sudah menjadi tempat subur karena adanya air zam-zam.

Ujian keimanan belum berakhir. Allah memerintahkan Nabi Ibrahim AS untuk menyembelih Ismail AS. Keluarga ini tetap patuh meski setan berulang kali mencoba menggodanya. Hingga Allah akhirnya menggantikan Ismail AS dengan domba besar yang diperingati dengan syariat kurban.

Liku-liku kehidupan keluarga Nabi Ibrahim AS itulah yang menjadi dasar berbagai ritual dalam ibadah haji. Di antaranya adalah sa'i, berlari kecil dari Safa ke Marwah seperti yang dilakukan Siti Hajar saat mencarikan air untuk Ismail AS. Lalu ada melempar jumrah, melambangkan lemparan batu pada setan yang hendak menghalangi penyembelihan Ismail AS.

Begitulah keteladanan dari keluarga Nabi Ibrahim AS. Patuh pada perintah Allah tanpa banyak bicara, menghormati dan mengabdi sepenuh hati kepada Allah semata. Allah memberi gelar Khalilullah pada Nabi Ibrahim AS, yang berarti Kekasih Allah.

Kajian Ahad pagi, 26 Mei 2024 di Masjid Al Hidayah Sangen bersama Ustaz H. Ngatemin, M.Ag dari Semin, Gunungkidul.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

Click here for comments 1 comments:

  1. Sungguh kisah yang luar biasa dari sosok luar biasa. Kisahnya diabadikan dalam Al Quran, bahkan menjadi bagian dari ibadah haji dan umroh

    BalasHapus
2907636960708278822