NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Berlatih Mengelola Uang Menggunakan Aplikasi Sepran bersama Muhamad Bayu Laksono, Mahasiswa KKN Undip Fakultas Sekolah Vokasi

MEDIA AN NUUR─Uang memang bukan segalanya, tapi dengannya dapat melakukan banyak hal. Termasuk untuk berinfak di jalan Allah. Sebanyak apapun pemasukan kita, kalau tidak bisa mengelolanya, bisa jadi jatah untuk infak pun turut habis untuk kebutuhan sehari-hari.

Untuk itulah kita perlu pengelolaan uang. Pengelolaan keuangan adalah mengatur uang yang dimiliki agar cukup untuk kebutuhan harian, hiburan, dan disimpan untuk keperluan lainnya yang akan membatu kita dalam meraih tujuan finansial di masa depan.

Muhamad Bayu Laksono
Muhamad Bayu Laksono

Seberapa pentingnya pengelolaan keuangan itu? Tentu sangat penting karena terkait dengan tujuan pengelolaan keuangan yakni membiasakan diri agar berhemat dan lebih tenang dalam menghadapi masalah.

Tujuan lainnya, sebagai upaya mempersiapkan dana darurat untuk hal yang terjadi mendadak. Juga memudahkan dalam membuat perencanaan keuangan di masa depan.

Nah, bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik? Kita bisa mulai mencatat uang yang masuk dan uang yang digunakan secara konsisten terlebih dulu. Selalu mendahulukan kebutuhan dibandingkan keinginan.

Kajian remaja
Remaja Sidowayah menyimak penjelasan

Hendaklah berpikir dua kali sebelum menggunakan uang. Tak kalah penting adalah menghindari utang. Kembangkan dana di investasi, contoh dengan investasi emas.

Selanjutnya, ada aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk membangu kita mengelola uang. Nama aplikasi itu adalah Sepran: Catatan Keuangan. Bisa diunduh di PlayStore menggunakan smartphone android kita.

Catatan Keuangan Sepran bisa membantu mengatur budget bulanan kita dengan aplikasi yang mudah digunakan. Input data tak pakai ribet. Transaksi yang sudah pernah dicatat tak perlu diketik ulang, cukup menekan beberapa tombol saja.

Sepran bisa digunakan kapan saja, tanpa memerlukan koneksi internet sama sekali. Data pribadi kita juga aman karena hanya diolah dan disimpan di handphone kita sendiri. Jadi tidak akan ada yang tahu jumlah belanja kita, termasuk pihak penyedia layanan atau aplikasi ini.

Rokhim mendapat doorprize
Rokhim mendapat doorprize di sesi tanya jawab

Catatan Keuangan Sepran bisa dilakukan backup data ke akun Google Drive kita juga. Nyamannya aplikasi ini bisa untuk bikin rekap sesuka kita. Bisa tentukan rekap mingguan, bulanan, atau tahunan dengan tanggal yang bisa diatur sendiri.

Silakan dicoba menginstal dan menggunakan aplikasi yang cukup mudah dipakai ini. Semoga bisa membantu pengelolaan keuangan kita. Jangan sampai pengeluaran tak terkontrol sehingga besar pasak daripada tiang ya! Semoga bermanfaat.

Materi kajian remaja di Masjid An Nuur Sidowayah pada hari Ahad, 30 Juli 2023 sesi 1 yang disampaikan oleh Kak Muhamad Bayu Laksono, mahasiswa Fakultas Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro Semarang yang sedang KKN di Desa Ngreco

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822