NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Manfaatkan Umur untuk Kebaikan agar Tak Menyesal di Hari Pembalasan

MEDIA AN NUUR─Senin, 12 Juni 2023 bakda Salat Isya. Kajian malam Selasa di Masjid An Nuur Sidowayah. Tausian malam hari ini disampaikan oleh Ustaz Sutarto. Pertemuan diawali dengan membaca Surat Al Fatihah. Kemudian, Ustaz Sutarto membacakan sebuah hadis.

لاَ تَزُولُ قَدَمَا عَبْدٍ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يُسْأَلَ عَنْ عُمْرِهِ فِيمَا أَفْنَاهُ وَعَنْ عِلْمِهِ فِيمَا فَعَلَ وَعَنْ مَالِهِ مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وَفِيمَا أَنْفَقَهُ وَعَنْ جِسْمِهِ فِيمَا أَبْلاَهُ.

Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dia ditanya (dimintai pertanggungjawaban) tentang umurnya kemana dihabiskannya, tentang ilmunya bagaimana dia mengamalkannya, tentang hartanya; dari mana diperolehnya dan ke mana dibelanjakannya, serta tentang tubuhnya untuk apa digunakannya.” (HR. Tirmidzi)

Kelak di hari kiamat, Allah ﷻ meminta pertanggungjawaban manusia akan 4 perkara, yakni umur, ilmu, harta, dan tubuh. Umur yang telah dikaruniakan Allah ﷻ, telah kita habiskan untuk apa? Ilmu pengetahuan bagaimana kita amalkan? Harta, dari mana didapat dan ke mana dibelanjakan? Terakhir, jasmani ini digunakan untuk apa?

Kajian malam Selasa
Ustaz Sutarto ajak manfaatkan umur untuk kebaikan

Untuk mempersiapkan jawaban pertanyaan itu, mari kita siapkan segala sesuatunya. Kita manfaatkan umur untuk memperbanyak ibadah agar tidak menyesal di belakang. Sebagaimana Allah ﷻ kabarkan, di neraka nanti akan ada yang berteriak minta dikeluarkan dari sana.

وَهُمْ يَصْطَرِخُوْنَ فِيْهَا  ۚ رَبَّنَاۤ اَخْرِجْنَا نَـعْمَلْ صَا لِحًـا غَيْرَ الَّذِيْ كُـنَّا نَـعْمَلُ ۗ اَوَلَمْ نُعَمِّرْكُمْ مَّا يَتَذَكَّرُ فِيْهِ مَنْ تَذَكَّرَ وَجَآءَكُمُ النَّذِيْرُ ۗ فَذُوْقُوْا فَمَا لِلظّٰلِمِيْنَ مِنْ نَّصِيْرٍ

Dan mereka berteriak di dalam neraka itu, “Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami (dari neraka), niscaya kami akan mengerjakan kebajikan, yang berlainan dengan yang telah kami kerjakan dahulu.” (Dikatakan kepada mereka), “Bukankah Kami telah memanjangkan umurmu untuk dapat berpikir bagi orang yang mau berpikir, padahal telah datang kepadamu seorang pemberi peringatan? Maka rasakanlah (azab Kami), dan bagi orang-orang zalim tidak ada seorang penolong pun.” (QS. Fatir 35: Ayat 37)

Agar tidak terjadi penyesalan itu, marilah kita manfaatkan umur untuk beramal kebaikan, mencari keridaan Allah ﷻ. Amalkan ilmu yang dipahami, bersihkan harta dari pendapatan yang buruk dan manfaatkan untuk mendukung ibadah, dan gunakan nikmat jasmani untuk beribadah pada Allah ﷻ.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822