NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Remaja Harus Semangat Mencari Ilmu Sebagai Jalan Menuju ke Surga

MEDIA AN NUUR─Hidayah dan petunjuk hanya dari Allah semata. Maka kita harus selalu berusaha mencarinya dengan berharap rida Allah. Kita sebagai remaja adalah penerus perjuangan para orang tua kita. Apalagi masa muda sekarang semakin banyak tantangan zaman.

Kita sebagai umat Islam mempunyai kewajiban mencari ilmu. Yang masih kecil yang sudah besar, yang masih muda yang sudah tua. Semua diwajibkan mencari ilmu. Baik ilmu duniawi maupun ilmu agama untuk memandu kita agar bisa menuju jalan yang lurus.

وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim)

Menuntut ilmu memudahkan jalan untuk masuk ke surga. Ilmu agama kalau sudah ketemu maka harus dijalankan. Aturan yang kita pahami dalam hal ibadah haruslah kita praktikkan dalam amalan. Dan itu juga musti dilaksanakan secara konsisten.

Kajian remaja
Ustaz Purwanto beri semangat remaja untuk menuntut ilmu

Misalnya kita dapat ilmu tentang salat berjemaah. Kita tahu salat sendiri bernilai 1 derajat, sementara salat berjemaah nilainya 27 derajat. Maka kita harus berusaha mengamalkan ilmu yang didapatkan itu. Tak hanya sekali dua kali, tapi harus istikamah sepanjang hayat kita.

Menuntut ilmu bahkan disebut berpahala seperti jihad fisabilillah. Kita harus mengalahkan gangguan dan godaan di rumah. Apakah kita sukses menaklukkannya sehingga berhasil berangkat kajian ke masjid? Atau sebaliknya, kita malah kalah dan gugur sebelum berjuang?

Dalam proses menuntut ilmu, hewan-hewan bahkan mendoakan kebaikan untuk kita. Sungguh luar biasa, hanya dengan menuntut ilmu banyak keutamaan yang Allah berikan untuk kita.

تَرَكْتُ فِيْكُمْ أَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوْا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا : كِتَابَ اللهِ وَ سُنَّةَ رَسُوْلِهِ

Aku telah tinggalkan kepada kamu dua perkara. Kamu tidak akan sesat selama berpegang kepada keduanya, (yaitu) Kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya.” (HR. Malik; Al-Hakim, Al-Baihaqi, Ibnu Nashr, Ibnu Hazm)

Remaja Sidowayah
Remaja Sidowayah semangat ikuti kajian

Allah telah menjadikan Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah sebagai 2 tali yang harus kita pegang erat agar mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat. Untuk memegang tali tersebut maka kita harus memahaminya dengan ilmu.

Kita harus bersyukur tinggal di Sidowayah yang memiliki banyak fasilitas yang mendukung dalam menuntut ilmu. Dari TPQ, kajian remaja, hingga pengajian orang tua. Dari PAUD, BA, hingga MIM Sidowayah, semua ada. Masjid An Nuur sedemikian megah yang butuh kita semua untuk memakmurkannya.

Ringkasan kajian remaja di Masjid An Nuur Sidowayah, pada 28 Mei 2023 bakda Isya, yang disampaikan oleh Ustaz Purwanto, tokoh masyarakat Sidowayah.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822