NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Keutamaan Berinfak, Mendapat Ganti Berlipat Ganda dari Allah dan Didoakan Malaikat

MEDIA AN NUUR─Senin, 22 Mei 2023 bakda Salat Isya. Kajian malam Selasa di Masjid An Nuur Sidowayah. Diasuh oleh Ustaz Danuri, ketua ranting Muhammadiyah Ngreco. Pertemuan diawali dengan membaca Al-Qur’an secara bersama-sama, melanjutkan Surat Al Hujurat (49) ayat 11 sampai selesai, ayat 18.

Malam ini, Ustaz Danuri menyampaikan materi tentang infak. Diawalinya dengan membacakan dalil yang tersebut dalam Al-Qur’an tentang keutamaan berinfak di jalan Allah.

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَا لَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَا بِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَا للّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَآءُ  ۗ وَا للّٰهُ وَا سِعٌ عَلِيْمٌ

Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 261)

Keutamaan berinfak
Ustaz Danuri bahas keutamaan infak

Balasan yang didapatkan dari infak yang disebutkan pada ayat di atas sedemikian besar. Keutamaan ini juga serupa dengan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari, dari Abu Hurairah RA bahwasanya Nabi ﷺ bersabda.

مَا مِنْ يَومٍ يُصْبِخُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ، فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا : اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا، وَيَقُوْلُ اْلآخَرُ : اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Tidaklah para hamba berada di pagi hari kecuali di dalamnya terdapat dua malaikat yang turun. Salah satunya berdo’a, ‘Ya Allah, berikanlah kepada orang yang berinfak ganti (dari apa yang ia infakkan)’. Sedang yang lain berkata, ‘Ya Allah, berikanlah kepada orang yang menahan (hartanya) kebinasaan (hartanya).’”

Doa Malaikat tak akan ditolak Allah karena mereka adalah makhluk yang selalu patuh dan taat pada Allah. Jadi, berinfak itu tidak mengurangi rezeki tapi sebaliknya justru melancarkannya, bahkan semakin mengalir lebih banyak.

Pada hadis tersebut, Malaikat juga mendoakan keburukan bagi yang enggan berinfak, agar harta yang dimilikinya binasa. Pada kenyataannya, orang yang pelit tak mau sedekah akan dijauhi orang lain, sehingga hal itu akan menyulitkan jalan mendapatkan rezeki. Bagi Allah mudah saja mengambil harta itu dalam hitungan detik.

Demikian pembahasan singkat tentang keutamaan berinfak. Semoga Allah menjadikan kita orang-orang yang selalu berinfak, yang didoakan oleh para Malaikat, agar mendapat pengganti atas apa yang kita infakkan.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822