NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Manusia Diciptakan Untuk Beribadah, Manfaatkan Ramadan dengan Peningkatan Amalan

MEDIA AN NUUR─Sebagaimana kita ketahui, Allah menciptakan kita untuk menyembah pada-Nya. Agar bisa beribadah sesuai apa yang Allah kehendaki maka kita harus belajar ilmu agama. Kalau tidak, maka kita bisa tersesat berbuat sesuatu yang kita anggap ibadah ternyata tak ada nilainya di mata Allah bahkan tertolak.

Ustaz Purwanto
Ustaz Purwanto ajak tingkatkan ibadah di bulan Ramadan

Tujuan penciptaan kita sebagai manusia telah Allah sebutkan dalam ayat Al-Qur’an, yang juga serupa dengan tujuan penciptaan jin.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. Az-Zariyat: Ayat 56)

Allah mewajibkan umat Islam menuntut ilmu terutama tentang bagaimana beribadah sesuai dengan syariat. Ini menjadi penting karena salah satu syarat diterimanya amal adalah sesuai dengan Al-Qur’an dan sunah.

مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ

Barangsiapa melakukan suatu amalan yang bukan ajaran kami, maka amalan tersebut tertolak.” (HR. Muslim)

Sebentar lagi kita masuk bulan suci Ramadan. Bulan yang di dalamnya penuh rahmat dan ampunan dari Allah. Momentum yang sangat bagus untuk kita meningkatkan amal ibadah, sebagai bentuk tanggung jawab atas tugas kita menyembah Allah.

Dalam setahun ada 12 bulan, orang saleh pada masa dulu memanfaatkan 11 bulan untuk mencari bekal memasuki bulan Ramadan. Mereka tak ingin lalai sehingga merugi karena Ramadan lewat dan masih dengan kesibukan dunia.

Sebagai manusia akhir zaman, kita bisa membuat target peningkatan sesuai kemampuan. Misalnya, jika selama ini kita tidak pernah salat sunah, maka di bulan Ramadan kita istikamahkan salat sunah.

Jika di luar Ramadan usai salat kita tak pernah baca Al-Qur’an maka di bulan suci ini hiasi dengan membacanya setiap waktu. Jika di luar Ramadan sudah sering baca Al-Qur’an, tingkatkan lagi dengan target yang lebih banyak.

Setiap yang bernyawa pasti akan mati dan mempertanggungjawabkan perbuatan kepada Allah. Amal ibadah kita selama di dunia ini adalah bekal menuju kematian. Bekal terbaik adalah takwa, dan takwa adalah tujuan pelaksanaan puasa di bulan Ramadan.

Ringkasan khotbah Jumat pada 10 Maret 2023 di Masjid An Nuur Sidowayah, disampaikan oleh Ustaz Purwanto. Diringkas dari rekaman suara.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822