NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Nabi Muhammad Teladan Utama Akhlak Mulia Rahmat bagi Alam Semesta

MEDIA AN NUUR─Bulan Rabiulawal adalah bulan kelahiran manusia istimewa yang membawa risalah Islam, yakni Rasulullah Muhammad ﷺ. Semoga kita termasuk sebagai orang yang diakui sebagai umatnya yang kelak mendapat syafaat di hari kebangkitan.

Allah mengutus Rasulullah ﷺ yang membawa risalah Islam sebagai rahmat bagi semesta alam. Seorang manusia pilihan yang kehidupannya menjadi contoh panutan bagi hamba-hamba Allah.

لَقَدْ كَا نَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللّٰهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَنْ كَا نَ يَرْجُوا اللّٰهَ وَا لْيَوْمَ الْاٰ خِرَ وَذَكَرَ اللّٰهَ كَثِيْرًا 

Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.” (QS. Al-Ahzab [33]: 21)

Rasulullah ﷺ adalah seorang yang kuat imannya, berani, sabar, dan tabah menghadapi segala macam cobaan, percaya sepenuhnya kepada segala ketentuan Allah, dan mempunyai akhlak yang mulia.

Khotbah Jumat
Ustaz Yuli Fajar Prayitno sampaikan khotbah Jumat

Keteladanan yang baik pada Rasulullah ﷺ itu ditujukan Allah untuk orang-orang yang mengharap kasih sayang Allah dan kesenangan hidup di akhirat. Hal itu timbul karena  iman yang dimilikinya, rasa takut kepada Allah dan mengharapkan pahala kepada-Nya, takut akan siksa-Nya.

Semua itu mendorongnya untuk meneladani Rasulullah. Teladan terbaik bagi orang-orang yang banyak berzikir mengingat Allah di setiap kesempatan, kala susah maupun senang.

Tahun ini, Rabiulawal diawali peristiwa yang tidak mengenakkan, yakni lebih dari 100 orang dicabut nyawanya oleh Allah saat menjadi supporter bola. Mereka masih muda-muda dan tak akan menyangka sedemikian cepat meninggalkan dunia.

Pelajaran dari kejadian itu adalah agar kita selalu bersiap sedia menghadapi maut yang bisa datang kapan saja. Marilah kita perbanyak amal dengan mencontoh perilaku Rasulullah ﷺ.

Dan untuk mengenang kelahiran Nabi, marilah kita perbanyak membaca selawat kepadanya.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ مُحَمَّدٍ. [رواه النسائي عن زيد ابن خريفة]

“Ya Allah, muliakanlah oleh-Mu (Nabi) Muhammad dan keluarganya.”  [HR. an-Nasa’i dari Zaid Ibnu Kharifah]

Ringkasan khotbah Jumat, 7 Oktober 2022 di Masjid An Nuur Sidowayah yang disampaikan oleh Ustaz Yuli Fajar Prayitno. Diringkas dari hasil rekaman suara.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822