NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) Laptop Canggih Bekal Sukses Berbisnis dengan Allah

MEDIA ANNUUR─ASUS resmi meluncurkan laptop 5G pertamanya di Indonesia, yakni ExpertBook B7 Flip (B7402). Laptop yang diperkenalkan pada 8 Juni 2022 ini merupakan perangkat bisnis yang ditujukan bagi para profesional yang membutuhkan perangkat untuk menunjang mobilitas dan produktivitas sehari-hari.

ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)
ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)

Bisnis, menurut Sukirno (2010), adalah kegiatan untuk memperoleh keuntungan. Semua orang atau individu maupun kelompok melakukan kegiatan bisnis untuk mencari keuntungan agar kebutuhan hidupnya terpenuhi. Tidak ada orang yang melakukan bisnis untuk mencari kerugian.

Jadi perangkat canggih bernama ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) diciptakan untuk siapa saja yang berkecimpung dalam dunia bisnis dengan teknologi terkini sehingga menunjang profesionalisme dalam menjalaninya.

Bisnis yang Tak Ada Ruginya, Bisnis dengan Allah

Sekali lagi, tujuan utama dari kegiatan berbisnis adalah untuk memperoleh keuntungan atau profit oriented. Dan ternyata ada bisnis yang tak kenal kata rugi. Apa itu? Berbisnis dengan Allah Swt!

يٰۤاَ يُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا هَلْ اَدُلُّكُمْ عَلٰى تِجَا رَةٍ تُنْجِيْكُمْ مِّنْ عَذَا بٍ اَلِيْمٍ

Wahai orang-orang yang beriman! Maukah kamu Aku tunjukkan suatu perdagangan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih?” (QS. As-Saff 61: Ayat 10)

تُؤْمِنُوْنَ بِا للّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَتُجَاهِدُوْنَ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ بِاَ مْوَا لِكُمْ وَاَ نْفُسِكُمْ ۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّـكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ 

(Yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui.” (QS. As-Saff 61: Ayat 11)

Dalam sebuah perniagaan (tijarah), maka ada yang menjual dan membeli. Allah Swt menawarkan bisnis yang di dalamnya adalah transaksi membeli keselamatan dari siksa neraka yang pedih dan diperkenankan masuk ke surga.

Lalu, dengan apa membelinya? Yakni dengan berjuang dalam keimanan dengan harta dan jiwanya. Inilah transaksi antara hamba dan Tuhannya yang disebut tidak pernah ada ruginya.

ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) Menjadi Bekal Berbisnis dengan Allah Swt

Serius? Produk duniawi semacam laptop bisa jadi modal berbisnis terkait akhirat dengan Allah Swt? Iya, benar. Kita semua harus menyadari bahwa kehidupan akhirat ditentukan oleh apa yang kita kerjakan di dunia.

Imam Ghazali dalam Ihya’ Ulumuddin berkata, “Tidaklah mungkin untuk menghasilkan bibit (tanaman) ini kecuali di dunia, tidak ditanam, kecuali pada kalbu dan tidak dipanen kecuali di akhirat.

Dengan demikian, sarana apapun yang tersedia di muka bumi ini bisa menjadi bekal menentukan nasib kita di sana nanti. Termasuk teknologi yang berkembang semakin pesat, maka tak pelak kita musti bisa menguasai dan memanfaatkannya untuk berbisnis dengan Allah Swt.

Memanfaatkan teknologi
Memanfaatkan teknologi untuk berdakwah

Terutama bagi para pendakwah yang mencurahkan waktu, tenaga, pikiran, dan hartanya untuk membina umat. Bisnis mereka dengan Tuhannya ini akan lebih maksimal jika didukung peralatan memadai. Tak berlebihan jika ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) sangat layak menemani para pejuang tersebut.

Performa Canggih ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) Memudahkan Presentasi Dakwah

Laptop Bisnis ExpertBook B7 Flip (B7402) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. ASUS dengan cerdas mengombinasikan keduanya sehingga sangat andal dalam urusan pengolahan data dan menjadikannya powerful dalam hal performa grafis untuk menunjang aktivitas berdakwah.

Pendakwah zaman digital ini dituntut bisa mempresentasikan materi ilmu agama yang disampaikan pada jemaah kajian baik dalam format PPT dengan Microsoft PowerPoint, atau menggunakan aplikasi presentasi lainnya semacam Prezi, Visme, Canva, Google Slides, SlideDog, Libre Office, dan sebagainya.

Dakwah digital
Pendakwah harus bisa memanfaatkan teknologi digital

Dari segi display layarnya dengan rasio aspek 16:10 memberikan ruang kerja visual yang lebih besar dibandingkan dengan tampilan standar 16:9, sehingga lebih mudah untuk mengerjakan spreadsheet. Termasuk lebih nyaman mencari referensi dengan membaca artikel atau melihat situs web.

Materi dakwah bisa dengan mudah dibuat menggunakan laptop ASUS ExpertBook B7 Flip yang dibekali dengan RAM DDR4 berkapasitas sampai 16GB serta penyimpanan PCIe SSD berkapasitas sampai 1TB. Terasa nyaman menyajikan konten presentasi dengan kecanggihan teknologi yang dimilikinya.

Hadirnya dua komponen penting itu juga menjadikan ExpertBook B7 Flip tampil sangat gesit baik dalam hal booting sampai melakukan multitasking. Sangat perfect mendukung bisnis dengan Allah Swt untuk memaksimalkan perjuangan.

ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) Dukung Mobilitas Tinggi Pendakwah

ASUS membekali laptop ini dengan baterai berkapasitas besar yang diklaim memiliki daya tahan hingga 12 jam. Tentunya akan sangat mendukung mobilitas juru dakwah sehingga lebih optimal dalam setiap aktivitasnya.

Ditambah lagi keberadaan sistem pendingin khusus ASUS Advance Hybrid Coolong System atau AHCS yang dirancang agar panas dapat dilepas secara optimal melalui serangkaian heatpipe dan metal plate. Sehingga laptop ini luas penampang pendingin jadi 39% lebih besar dari sistem pendingin standar.

Laptop ini selain canggih juga memiliki bodi yang telah diperkuat oleh struktur khusus berbahan magnesium aluminium yang sangat tangguh. Ketangguhannya telah berhasil menaklukkan serangkaian uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H). Berhasil melewati uji operasional pada suhu dan kelembapan ekstrem, serta uji guncangan dan getaran. Subhanallah!

Berdakwah jadi lebih tenang dengan membawa laptop tangguh ini ke mana-mana. Tak khawatir cepat rusak atau bermasalah di tengah ceramah atau sedang menjelaskan kajian penting.

Desain ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) yang convertible memungkinkan layarnya diputar hingga 360 derajat. Jadi dapat digunakan untuk berbagai skenario, seperti mode clamshell, mode tent, dan tablet.

Dakwah di Era Digital bersama ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)

Dalam berbisnis dengan Allah Swt, selayaknya kaum muslimin memaksimalkan semua potensi. Berdakwah tak hanya melalui pertemuan di masjid atau majelis-majelis kajian offline. Sudah banyak pendakwah memanfaatkan dunia digital untuk menyampaikan ilmu agama sehingga bisa disimak lebih banyak orang.

Salah satunya adalah memanfaatkan media sosial semacam Youtube. Melalui kanal Youtube, seorang dai bisa berdakwah di internet yang memungkinkan ditonton lebih banyak orang di manapun kapanpun tanpa batasan waktu.

Dakwah digital bisa
Dakwah digital bisa disimak di mana saja

Untuk memaksimalkan potensi dakwah di alam maya, ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) telah dibekali koneksi WiFi 6 yang ditingkatkan dengan ASUS WiFi Master Premium untuk koneksi WiFi tercepat dan paling andal. Untuk koneksi mandiri, sudah ada slot SIM card yang support jaringan 5G sehingga tak perlu khawatir jika sedang tak ada jaringan WiFi.

Dakwah secara daring, misal menjadi narasumber dengan Zoom Meeting, laptop ASUS ini dibekali mikrofon ganda terletak di bezel atas layar untuk pengambilan suara yang optimal, dan dua speaker bersertifikat Harman Kardon terletak di bagian bawah untuk audio berkualitas bioskop.

ExpertBook B7 Flip juga dibekali dengan teknologi Two-Way AI Noise-Cancelling. Teknologi ini mencakup fungsi upstream untuk menyaring kebisingan di sekitar speaker, dan fungsi downstream untuk menghilangkan kebisingan dari lawan bicara. Ini menjadikan apa yang disampaikan bisa diterima dengan jernih.

Kamera ASUS ExpertBook B7 Flip menggunakan lensa Facing 13MP HD camera 720p. Kamera tersebut diberikan sensor teknologi 3D Noise-Reduction (3DNR) untuk memberikan fokus saat dinyalakan.

Spesifikasi ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)

ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)
Laptop canggih teknologi terkini

Lebih lanjut, kecanggihan laptop ASUS ini bisa disimak spesifikasinya dalam tabel berikut ini.

Main Spec. ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)
CPU Intel® Core™ i5-1155G7 Processor 2.5 GHz (8M Cache, up to 4.5 GHz, 4 cores)
Intel® Core™ i7-1195G7 Processor 2.9 GHz (12M Cache, up to 5.0 GHz, 4 cores)
Operating System Windows 11 Home - ASUS recommends Windows 11 Pro for business
Windows 11 Pro - ASUS recommends Windows 11 Pro for business
Windows 10 Home - ASUS recommends Windows 10 Pro for business
Windows 10 Pro - ASUS recommends Windows 10 Pro for business
Free Upgrade to Windows 11¹
Memory 16GB DDR4 SO-DIMM, Memory Max Up to:64GB
Storage 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance SSD
Display Touchscreen, 14.0-inch, WUXGA (1920 x 1200) 16:10, Integrated privacy screen, Wide view, Anti-glare display, LED Backlit, 500nits, sRGB: 100%, Screen-to-body ratio:81 %
Graphics Intel Iris X? Graphics (available for Intel® Core™ i5/i7/i9 with dual channel memory)
Input/Output 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A
2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery
1x mini Display Port
1x HDMI 2.0b
1x micro HDMI (RJ45 lan)
1x 3.5mm Combo Audio Jack
SIM card slot
Smart card reader
Camera 720p HD camera with IR function to support Windows Hello
With privacy shutter
Connectivity Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5.2
Audio Audio by DTS Smart Amp Technology Built-in speaker Built-in array microphone harman/kardon (Premium) with Cortana support
Security Computrace ready from BIOS, Trusted Platform Module (TPM) 2.0, Kensington Lock, Fingerprint sensor integrated with Power Key
Battery 63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension 32.00 x 23.42 x 1.80 ~ 1.89 cm (12.60" x 9.22" x 0.71" ~ 0.74")
Weight 1.44 kg (3.17 lbs)
Colors Black
Price Starts from Rp33.164.000
Warranty 2 tahun garansi global

Kemampuan ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) yang sempurna dengan teknologi terkini semakin memudahkan bagi kita untuk berdakwah. Dalam berniaga dengan Tuhan, segala perjuangan kita harus optimal karena dinilai tukar dengan keselamatan dari siksa neraka yang pedih dan diperkenankan masuk ke surga.

Hal ini sekaligus mematahkan pendapat bahwa harta dunia tidak dibawa mati. Justru harta dunia bisa kita bawa menjadi bekal menghadap Allah Swt dengan menggunakannya dalam transaksi bisnis dengan-Nya. Termasuk memanfaatkan kecanggihan ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) untuk membeli surga di akhirat sana.

Imam asy-Syaukani berkata, “Allah menjadikan amalan-amalan (saleh) tersebut kedudukannya seperti ‘perniagaan’, karena orang-orang yang melakukannya akan meraih keuntungan (besar) sebagaimana mereka meraih keuntungan dalam perniagaan (duniawi), keuntungan (besar) itu adalah masuknya mereka ke dalam surga dan selamat dari (siksa) neraka.” (Kitab Fathul Qadiir, 5/311).

Nah, sudah siap menggunakan semua potensi duniawi untuk berbisnis dengan Allah Swt? Teknologi digunakan untuk mendukung setiap amal saleh yang kita kerjakan. Semoga kita semua termasuk golongan orang beruntung dan tak pernah rugi. Aamiin.

Sumber foto ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) dari channel.asus.com

Referensi: https://bit.ly/B3B7ArtikelRef

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822