NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Keutamaan Salat Subuh dan Asar

MEDIA-ANNUUR─Keutamaan Salat Subuh dan Asar. Kembali bersama Pak Danuri di pengajian rutin malam Selasa. Kali ini, Senin, 20 September 2021, seperti biasa bakda Salat Isya, kajian dimulai. Pak Danuri memimpin pembacaan surat As Saffat (37) ayat 127-153.

Kajian bersama Pak Danuri
Kajian bersama Pak Danuri

Malam ini Pak Danuri menyampaikan anjuran menjaga Salat Subuh dan Salat Asar. Waktu Subuh yang dingin adalah awal masyarakat memulai kegiatan, terutama pedagang yang ke pasar. Ketika itulah seringkali manusia mengabaikan Salat Subuh. Begitu pun ketika waktu Asar ketika banyak kesibukan terutama petani dengan sawahnya.

Bapak-bapak mendengarkan kajian.
Bapak-bapak mendengarkan kajian.

Rasulullah dalam salah satu hadis menyebut siapa saja yang salat di dua waktu, yakni Subuh dan Asar, maka ia akan masuk ke surga. Para sahabat ketika diimingi-imingi surga maka akan sangat bersemangat meraihnya.

"Berbeda dengan kebanyakan umat saat ini," kata Pak Danuri. "Orang akan lebih bersemangat kalau ditawari keduniaan. Dan inilah kenyataan yang mudah dijumpai."

Pak Danuri memberi contoh begitu entengnya meninggalkan Salat Subuh ketika warga mengantre mencairkan bantuan UMKM yang bahkan rela mengambil nomor sejak dini hari.

Jamaah ibu-ibu menyimak kajian.
Jamaah ibu-ibu menyimak kajian.

Para Malaikat penjaga malam ketika waktu Subuh melaporkan kepada Allah Swt dan di sana ditanyai tentang umat manusia apakah melaksanakan Salat Subuh. Sorenya, Malaikat penjaga siang menghadap Allah Swt dan ditanyai tentang umat yang mendirikan Salat Asar.

Saking utamanya salat di dua waktu itu, maka dianjurkan ketika sudah azan langsung berangkat ke masjid. Makin utama lagi jika bisa salat sunah 2 rakaat sebelum Subuh, pahalanya lebih baik dari dunia seisinya.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822